Home / Ejakulasi Dini / Penjelasan Singkat Dari Apa Itu Ejakulasi Dini

Penjelasan Singkat Dari Apa Itu Ejakulasi Dini

Apa itu ejakulasi dini? Bentuk pertanyaan yang satu ini sering kali muncul ditengah-tengah masyarakat Indonesia saat ini. Ejakulasi dini itu sendiri seringkali disebut sebagai jenis masalah yang paling ditakuti oleh banyak pria, namun tahukan anda apa yang dimaksud dengan ejakulasi dini tersebut? Untuk mengetahuinya, simaklah penjelasan singkatnya di bagian bawah ini :

Ejakulasi dini

Ejakulasi dini berasal dari dua suku kata yang berbeda yaitu kata Ejakulasi yang berarti pengeluaran sperma dari dalam penis, dan kata Dini yang berarti terlalu cepat atau belum waktunya. Dengan demikian ejakulasi dini pun dapat diartikan sebagai proses pengeluaran sperma dari dalam penis yang dilakukan dengan lebih cepat dan belum memasuki waktunya. Dari penjelasan singkat tersebut anda pun dapat mengerti bahwa ejakulasi dini itu terjadi apabila anda mengeluarkan sperma padahal anda sendiri belum menghendakinya, karena itulah ejakulasi dini seringkali dikaitkan dengan kepuasan pasanganya.

Sementara itu, hingga saat ini belum ada patokan resmi terkait masalah ejakulasi dini tersebut. Apakah itu ejakulasi yang dilakukan dengan terlalau cepat dan kapan batas waktu yang dimilikinya. Namun beberapa pakar seks menyatakan bahwa batas waktu yang disebut ejakulasi dini tersebut adalah 5 menit, Karena itulah ketika seseorang melakukan hubungan seksual dan kemudian melakuka ejakulasi sebelum memasuki batas waktu 5 menit, maka dapat dinyatakan orang tersebut telah mengalami atau menderita ejakulasi dini.

Sementara itu, penelitian lain menyatakan bahwa ejakulasi dini tidak ditentukan oleh batas waktu yang dimilikinya, melainkan ditentukan berdasarkan tingkat kepuasan pada pasangan tersebut saat melakukan hubungan seksual. Itulah sebabnya meskipun anda melakukan hubungan seksual dengan waktu kurang dari lima menit namun selama pasangan dan diri anda merasa terpuaskan maka hubungan itu pun akan dinyatakan normal.

Berbeda halnya dengan hubungan seksual yang dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama dan bahkan bertahan hingga 20 menit, namun jika hal tersebut tidak memunculkan kepuasan atau tidak menimbulkan orgasme, maka dapat dinyatakan bahwa pria yang melakukan hubungan tersebut adalah penderita ejakulasi dini.

Terlepas dari berbagai macam patokan yang digunakan untuk menyatakan apakah anda penderita ejakulasi dini atau bukan. Masalah yang satu ini juga ditimbulkan oleh berbagai macam faktor yang menyebabkan kehadirannya dalam masalah kesehatan tubuh anda. Berikut ini adalah beberapa faktor yang menimbulkan munculmya masalah ejakulasi dini tersebut :

Faktor penyebab munculnya ejakulasi dini

  • Hal pertama yang seringkali menjadi pemicu utama munculnya ejakulasi dini adalah penis pria yang terlalu sensitif. Hal ini umumnya dialami oleh beberapa pria yang sangat sensitif pada masalah ransangan seksual. Karena itulah dengan sedikit ransangan yang diterimanya, hal ini dapat memicu munculnya ejakulasi. Dengan kata lain, baru diserang sedikut saja, pertahanan yang dimilikinya langsung jebol begitu saja.
  • Lemahnya otot bagian penahan ejakulasi, jika seorang pria kurang sehat atau bahkan jarang bergerak, maka dapat dipastikan otot-otot disekitar kemaluannya pun tidak dapat berfungsi dengan baik. Hal ini termasuk dalam otot yang berfungsi dalam menahan keluarnya sperma dari bagian dalam tubuh. Karena itulah proses ejakulasi pun tidak dapat ditahan olehnya dan langsung keluar begitu saja.
  • Kebiasaan masturbasi, berdasarkan penelitian ilmiah yang dilakukan oleh para ahli seksualitas, sebanyak 70% kaum pria yang sering melakukan onani di masa remajanya, maka pada saat menikah pun mereka akan lebih mudah terserang penyakit atau masalah ejakulasi dini.
  • Stess, memiliki pikiran yang kacau, atau stress, entah itu karena urusan pekerjaan, pertengakaran, persaingan dan lain sebagainya juga dapat menjadi pemicu utama munculnya masalah ejakulasi dini. Hal ini berkaitan dengan beban pikiran yang dimilikinya yang juga dapat mempengaruhi kemampuan seksualitas yang dimilikinya pula.
  • Fisik yang lelah, tubuh yang terlalu lelah, akibat melakukan aktivitas harian berlebih juga dapat menjadi penyebab utama munculnya masalah ejakulasi dini. Hal ini juga dapat bertambah parah, apabila hal tersebut terjadi secara berulang kali, hingga akhiernya menimbulkan rasa cemas yang semakin mempengaruhi kondisi fisik pria tersebut.
  • Kecemasan dalam melakukan hubungan seksual, perasaan cemas atau bahkan khawatir tidak mampu memuaskan pasangan juga dapat menimbulkan masalah ejakulasi dini. Hal ini memang jarang terjadi, namun bukan berarti tidak ada. Karena ada pula diantaranya pria yang mengalami ejakulasi dini akibat kelelahan atau pun stress, yang kemudian terjadi secara berulang kali, hingga akhirnya menibulkan kecemasan seksual berlebih.
  • Penyakit, selain beberapa faktor di bagian atas tadi, penyakit juga menjadi salah satu penyebab utama yang menimbulkan masalah ejakulasi dini. Beberapa penyakit tersebut diantaranya adalah prostat dan juga penyakit ginjal.

Setelah mengetahui penjelasan singkat dari apa itu ejakulasi dini, kemudian juga uraian dari faktor-faktor yang menyebabkannya, berikut ini penulis sajikan pula beberapa cara mudah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah ejakulasi dini. Namun hal ini dilakukan dengan cara khusus, yaitu mengatasi ejakulasi dini dengan menggunakan posisi seks yang lebih bervariasi. Berikut adalah beberapa variasi dari posisi seks yang bisa anda lakukan, diantaranya :

  • Lap dance, untuk melakukan hal yang satu ini anda hanya tinggal duduk dipangkuan pasangan anda. Dengan melakukan hubungan seks menggunakan posisi yang satu ini, maka durasi hubungan intim yang anda lakukan pun akan berjalan dengan jauh lebih lama. Selain itu cara yang satu ini juga dapat anda jadikan sebagai alat kontrol dalam melakukan hubungan seks.
  • Face to face, untuk posisi yang satu ini dilakukan dengan cara membuat anda dan pasangan saling berpaling dan berada dalam pelukan. Selain mengutamakan ikatan emosial, posisi yang satu ini juga mengatur ejakulasi dini dengan lebih mudah. utamanya jika pasangan anda mengetahui bahwa anda menderita masalah ejakulasi dini itu tadi.
  • Woman on top, posisi yang satu ini dikenal sebagai posisi yang paling ampuh dalam menahan ejakulasi dini dengan lebih mudah. Pasalnya dalam hubungan seksual tersebut pihak istrilah yang akan memegang kendali selama hubungan intim dilakukan. Dengan demikian, ejakulasi pun dapat anda tentukan sesuai dengan keinginan anda.
  • The soft rock, untuk posisi yang satu ini hampir menyerupai posisi misionaris. Namun bagian kaki istri akan ditempatkan pada bagian bahu pria, sehingga penetrasi yang lebih dalam pun dapat dilakukan untuk menghindari ejakulasi dini dengan lebih mudah.
  • Berbaring di atas pangkuannya, bagi anda yang ingin mengatasi masalah ejakulasi dini dengan melakukan hubungan seksual melalui posisi yang satu ini, sebaiknya anda meminta pasangan anda untuk duduk dengan lebih nyaman terlebih dahulu. Setelah itu selipkanlah beberapa bagian bantal di bawah lututnya, dan kemudian anda pun dapat duduk di pangkuannya dengan menggunakan posisi menyamping dan kemudian menampatkan kaki anda di salah satu bagian atas bahunya untuk melakukan penetrasi.

Demikian kiranya beberapa variasi dalam melakukan hubungan intim yang dapat dilakukan untuk menghindari apa itu ejakulasi dini dengan lebih mudah.

Check Also

5 Cara Agar Tidak Ejakulasi Dini Secara Alami

Ejakulasi dini merupakan suatu kondisi yang tidak diinginkan oleh setiap pria, yang menimbulkan ketidakpuasan dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *